Festival ogoh-ogoh di kecamatan banjar agung

Foto bersama Bupati Tulang Bawang Winarti , Camat Banjar Agung Sudrman,SH dan segenap Panitia lomba.

TRI MUKTI JAYA – Mingu 11 Maret 2018. Festival ogoh-ogoh pada awalnya akan diselenggarakan di cakat raya, tetapi dikarenakan ada sesuatu hal maka kegiatan dialihkan di lapangan bola Banjar Dewa.” Kata salah satu panitia penyelenggara. Festival diikuti oleh 12 peserta yang terdiri dari 9 peserta dewasa dan 3 peserta anak-anak. Dalam festifal akan ada penilian untuk mentukan juara satu, dua dan tiga, juara harapan satu, dua dan tiga.

Ogoh-ogoh Kampung Banjar Dewa Kecamatan Banjar Agung yang jadi Juara ke 1.untuk tahun ini.(Dok,Desa.id – Foto Surotokentus).

Festival ini merupakan kegiatan ibadah umat Hindu akan datangnya hari raya nyepi dan tahun baru saka 1940 serta menyambut ulang tahun Tulang Bawang inilah ciri has Bangsa yang mempunyai bermacam-macam Agama,suku dan budaya yang merupakan kakayaan bangsa Indonesia.

Bukan hanya keindahan ogoh-ogoh yang jadi perhatian pengunjung, ternyata penari latarnya pun tak luput dari penilaian juri.(Dok,Desa.id – Foto Surotokentus).

Dalam perwujudan patung yang dimaksud, Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan; biasanya dalam wujud Rakshasa. Festifal Ogoh – ogoh ini merupakan seni budaya Bali yang merupakan kebudayaan kebanggaan suku Bali pada khususnya, dan semua suku yang ada di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari antusias para pengunjung yang menghadiri festifal Ogoh – ogoh bukan hanya dari suku Bali saja, namun hampir semua suku yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perpaduan kostum antara Bali dan Lampung menandakan saling menjujung tinggi kearifan lokal masyarakat Lampung.(Dok,Desa.id – Foto Surotokentus).

Harapan Bupati Tulang Bawang, Winarti untuk tahun depan ditingkatkan jumlah pesertanya, bukan hanya dua belas tetapi tiga puluh peserta. Disampaikan juga bahwa Saya Bupati Tulang Bawang, Winarti merupakan bagian dari umat hindu. Oleh karena itu saya mohon do’anya agar selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mambangun Kabupaten Tulang Bawang.

Ular berkepala 5 (lima) diantara dari 12 jenis ogoh-ogoh yang diperlombakan.(Dok,Desa.id – Foto Surotokentus).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan