Terkejut saat ronda malam

Kegiatan Ronda Malam (Dok,Desa.id – Foto Sarino).

TRI MUKTI JAYA – Selasa 10 April 2018 Kegiatan ronda malam di Kampung Tri Mukti Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang itu memang dilakukan oleh warga pria, biasanya akan ada jadwal juga yang dibuat supaya lebih teratur dan semua warga akan ikut berpartisipasi dalam Melaksanakan Kegiatan tersebut.

Ronda Malam itu identik dengan begadang, jadi sudah barang tentu yang namanya kopi dan th itu selalu tersedia, belum lagi kudapan sebagai teman minumnya. Itu baru makanan dan minuman dari sumber yang terjadwal, terkadang ada saja sumber lain yang juga ikut keluar, dan salah satu aturan tidak tertulis yang biasanya ada jika ada kegiatan ronda malam.

Warga RW.01 Pos Roda di RT.01 RW.01(Dok,Desa.id – Foto Sarino).

Salah satu kebias aan wajib yang dilakukan oleh para peronda ketika melakukan kegiatan ini adalah membuat api unggun dengan atau tanpa ada bahan yang ikut dibakar, tidak ada bahan yang dibakar saja sudah menyenangkan, apalagi ada bahan yang bisa dibakar (misalnya jagung, ubi atau ayam).

Warga RW. 02 Pos Roda di RT.01 RW.02(Dok,Desa.id – Foto Sarino).

Mereka yang melakukan tugas bebas mengambil makanan yang bisa diambil disekitar tempat tinggal, misalnya jika ada ubi maka ubi itu bisa dicabut, jika ada buah mangga atau buah-buahan yang lain sedang berbuah, maka itu juga bisa diambil, tentu saja keesokan harinya harus ada pemberitahuan kepada si pemilik dan si pemilik biasanya sudah maklum dengan tersebut.

Warga RW.03 Pos Roda di RT.03 RW.03, Bersama Babinkamtibmas Bpk SUNARDI(Dok,Desa.id – Foto Sarino).

Selain untuk menghangatkan suasana dan mengusir nyamuk nakal, membuat api adalah sebuah pertanda bahwa disitu sedang ada orang. Sambil berdiam diri di pos ronda akan ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya bermain gitar ( tapi sebaiknya kegiatan ini tidak dilakukan karena akan mengganggu orang tidur), main karambol, main kartu remi atau domino, main catur atau sekedar ngobrol dan berbincang saja sudah cukup.

Warga RW.03 Pos Roda di RT.03 RW.04, Bersama Babinkamtibmas Bpk SUNARDI(Dok,Desa.id – Foto Sarino).

Berbagai Kegiatan ini tentu saja dilakukan supaya rasa kantuk tidak datang dan bisa terjaga sampai pagi, jangam sampai kegiatan ronda justru menjadi ajang pindah tidur, bisa bahaya jika sewaktu-waktu ada kejadian luar biasa yang ada.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan